[Episode 1: Bedah Buku “Poor Ecomonics”]

Kali ini Equitas hadir membawa diskusi baru melalui Podcast and Talks. Podcast and Talks perdana kali ini akan membedah buku “Poor Economics” karya Abhijit V. Banerjee dan Esther Duflo, pemenang Nobel Ekonomi. Buku ini mengeksplorasi berbagai pendekatan untuk mengatasi kemiskinan global dan memberikan wawasan mendalam tentang kebijakan ekonomi yang efektif.

“Poor Economics” menawarkan eksplorasi mendalam dan bernuansa tentang kemiskinan. Buku yang diterbitkan pada tahun 2011 ini menantang banyak keyakinan konvensional dan pendekatan dalam mengatasi kemiskinan. Banerjee dan Duflo menggunakan pendekatan mikroekonomi dengan mengandalkan uji coba terkontrol secara acak (RCT) untuk menguji efektivitas berbagai intervensi, seperti penyediaan kelambu gratis untuk melawan malaria dan peran insentif dalam pendidikan. Mereka menyoroti bahwa keputusan yang diambil oleh orang miskin sering kali dipengaruhi oleh kelangkaan dan ketidakpastian yang ekstrem, yang dapat menghasilkan pilihan yang tampak tidak rasional.

Buku ini juga menyoroti hambatan nyata terhadap pengentasan kemiskinan, seperti praktik korupsi yang menjadi penghalang besar bagi kemajuan kesehatan dan pendidikan di negara berkembang. Contoh-contoh intervensi yang berhasil diuji di lapangan meliputi program pendidikan remedial di India yang memperbaiki keterampilan membaca dan matematika, serta pemberian pil deworming gratis di Kenya yang meningkatkan kesehatan dan kehadiran sekolah anak-anak. Di Indonesia, berbagai program seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) menunjukkan pentingnya pendekatan kontekstual dalam mengatasi berbagai bentuk kemiskinan yang ada di negara ini.

Episode ini akan dipandu oleh Kak Firosy dan Kak Zahro. Bagaimana pembahasan kali ini dan relevansinya dengan lingkungan sekitar kita? Selengkapnya di Channel YouTube “Equitas FEB UGM” atau dapat langsung melalui tautan berikut: https://youtu.be/Ly-rGqkZw30

#Podcast #EQUITASFEB #PoorEconomics

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*